March 02, 2013

Latar Belakang

Post oleh : PUSAT ZAKAT | Rilis : March 02, 2013 | Series :

Indonesia merupakan sebuah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan jumlah penduduk yang besar tersebut, terdapat potensi kekuatan filantropi Islam yang besar juga, baik berbentuk zakat, infak maupun wakaf.

Sayangnya potensi yang besar tersebut sejauh ini tergali masih sangat belum optimal. Potensi yang besar masih berwujud ‘harta karun terpendam’. Banyak faktor yang melatar-belakanginya, terutama faktor kesadaran menunaikan zakat sebagai salah satu bentuk kewajiban bagi ummat muslim yang masih rendah dan pola-pola pendistribusian zakat secara langsung serta tradisional yang mengakibatkan tingginya kesulitan melakukan pendataan.

Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia, di dalamnya berserakan keluarga-keluarga miskin dan anak-anak yang terlantar. Daya jangkau negara belum mampu menangani semua masalah sosial tersebut. Pada saat yang sama zakat, infak dan wakaf sebagai sebuah potensi kekuatan filantropi Islam di Indonesia, belum bisa memberi warna sognifikan dalam menangani masalah-masalah sosial yang sedemikian kronis tersebut.

google+

linkedin

Mari berpartisipasi dalam membangun pelayanan kami.
Tinggalkan komentar agar kami bisa lebih baik untuk kedepannya :)